Yuk Liburan ke Pulau Komodo! Sekali Dayung, Dua-Tiga Pulau Terlampaui

Semua orang pasti senang jika bisa membayar satu barang tapi mendapatkan lebih. Di dunia traveling, hal seperti ini berlaku kalau kamu pergi ke pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai agenda liburan hanya dengan sekali trip. Ini karena pulau Komodo memiliki banyak sekali pesona yang bisa membuat kamu selalu ingin pergi kesana.

Liburan ke Pulau Komodo

Sumber Gambar : https://cdn.pixabay.com/photo/2016/01/08/06/57/komodo-1127251_960_720.jpg

Pertama, kamu bisa melihat kehidupan mahluk yang hanya hidup di pulau Komodo dan sekitarnya. Sesuai dengan habitatnya, mahluk ini bernama Komodo. Binatang yang dalam bahasa latin disebut Veranus Komoensis ini adalah spesies kadal raksasa yang langka. Jumlahnya diperkirakan tersisa kurang dari 5.000 ekor. Kehadirannya tentu tidak akan ditemukan di tempatmu, kecuali jika ada kebun binatang atau semacamnya yang diijikan untuk memelihara komodo. Saking langka dan berharganya, komodo pun dimasukan ke dalam World Heritage Siten Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO ditahun 1986.

Kadal terbesar di dunia ini adalah karnivora yang cukup berbahaya. Cakarnya yang tajam, rahangnya yang kuat, dan air liurnya yang beracun bisa menjadi ancaman bagi mahluk disekitarnya. Tapi dengan hadirnya seorang ranger atau pawing, kamu tetap bisa bertemu dengan kawanan mahluk purba ini tanpa harus takut diserang. Para ranger ini pasti akan selalu setia mendampingimu untuk bertemu dengan sang kadal purba. Para pawang ini biasanya membawa tongkat yang bercabang di ujungnya untuk menjinakan atau melemahkan komodo yang datang menyerang agar kamu tetap baik-baik saja saat berada dekat komodo. Melihat langsung kehidupan mahluk purba yang langka ini akan jadi pengalaman seru yang sulit untuk dilupakan.

Kedua, kamu bisa menikmati eksotisnya pulau Komodo sambil berkeliling mencari komodo. Pulau komodo menyajikan pemandangan indah yang sangat memanjakan mata. Padang rumputnya yang hijau, udaranya yang bebas polusi, serta dataran berbukitnya yang anggun adalah sebagian kecil suguhan yang akan kamu dapatkan di pulau yang masuk dalam New Seven Wonders of Nature ini. Di pulau ini juga terdapat banyak flora dan fauna lainnya yang jarang ditemukan ditempat asal kamu. Salah satu spot terbaik untuk menikmati seluruh pemandangan ini adalah di bukit Ora yang menjulang setinggi 500 mdpl.

Selanjutnya, kamu juga bisa menikmati hal langka lainnya selain komodo di pulau ini, yaitu pink beach. Berbeda dengan warna pasir pantai pada umumnya yang cenderung berwarna putih atau kecoklatan, pasir di pantai ini justru berwarna merah muda. Di dunia, hanya ada sedikit pantai berwana merah muda seperti ini. Jadi, pantai ini pun bisa dikategorikan sebagai pantai yang langka.

Warna merah muda pada pasir pantai di sini berasal dari serpihan koral yang hancur akibat ombak dan kodisi alam lainnya. Saat ombak menerjang bibir pantai, maka warna merah muda pada pasir pantai akan terlihat semakin mencolok. Jika kamu melihat pantai merah muda ini dari kejauhan, mata kamu akan dibut terkesemi dengan pemandangan disekitarnya. Warna merah muda tadi akan berpadu dengan birunya air laut yang jernih dan hijaunya vegetasi di sekitar pantai. Di sekitar pulau Komodo pun banyak pantai indah lainnya yang bisa kamu kunjungi seperti pulau Rinca.

Setelah puas menikmati pesona pulau Komodo dari permukaan, selanjutnya tinggal menikmatinya dari dalam air. Pemandangan bawah laut pulau Komodo tidak kalah cantik lho dengan pemandangan yang ditawarkan Raja Ampat, Bunaken, Labengki, Derawan, Karimun Jawa, sampai pulau Weh di Aceh. Mulai dari terumbu karang yang terjaga kelestariannya, sampai ikan laut yang anggun bisa kamu temukan di sana.

Di pulau Komodo, tersebar banyak titik untuk melakukan snorkeling atau diving. Setidaknya, ada sekitar 42 titik yang bisa kamu selami seperti Batu Samia yang jadi spot favorit untuk melihat kura-kura yang berenang dengan tenang, Toko-toko yang terkenal memiliki terumbu karang yang indah bak istana batu di kedalaman 7 meter, sampai Cristal Rock yang banyak dihuni ikan besar seperti Barramundi Cod dan Parrotfish. Semua spot ini bisa kamu selami kapanpun, tapi waktu terbaik untuk bermain di dunia bawah laut pulau Komodo adalah antara bulan Maret-Desember saat hembusan angin dan arus laut cukup tenang.

Semua agenda di atas bisa kamu nikmati selama 3 – 5 hari dalam sekali trip. Jadi sekali dayung, dua-tiga pulau bisa terlampaui. Untuk sampai di pulau Komodo, kamu bisa ambil penerbangan ke Labuan Bajo. Agar lebih murah, pesan tiket online sejak jauh hari. Jika kamu memiliki budget dan waktu lebih, cobalah melakukan trip ke pulau Komodo melalui Lombok. Dari Lombok, carilah paket perjalanan menggunakan kapal yang mengarah ke pulau Komodo atau sekitarnya. Kamu pun bisa memulai trip menuju pulau Komodo dari Bali. Ada banyak penerbangan menuju ketiga pulau tersebut. Kamu bisa cek tiket pesawat di Reservasi.com agar perjalananmu terasa lebih mudah.

 

Add Comment