Cara Tepat Membersihkan Botol Susu Bayi

Ibu-ibu zaman sekarang memang telah sadar tentang pentingnya ASI bagi bayi mereka. Namun sebagian ibu lainnya tidak dapat menyusui secara langsung baik itu dikarenakan faktor alami maupun karena kesibukan mereka sebagai ibu pekerja. Fakta ini membuat botol susu bayi menjadi keperluan utama sebagian besar ibu.

Mengejutkan, ternyata botol bayi yang tidak dibersihkan dengan benar dapat membuat si kecil sakit. Pasalnya, berbagai virus, bakteri dan parasit terdapat pada botol susu dan siap mengancam kesehatan si kecil. Berikut cara membersihkan botol susu dengan benar.

  1. Lepaskan Semua Bagian Botol Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melepaskan semua bagian botol susu yang akan Anda bersihkan. Setelah melepaskan seluruh bagiannya, tuangkanlah sedikit cairan pembersih pada masing-masing bagian botol susu tersebut. Perlu diingat bahwa cairan pembersih yang harus Anda gunakan adalah cairan pembersih khusus.

  1. Mulai Bersihkan dari Bagian Dasar Botol

Ketika Anda membersihkan botol, muailah dari bagian dasar botol susu tersebut. Gunakan sikat yang berbulu halus untuk membersihkannya dengan gerakan memutar. Setelah bagian dasarnya bersih, selanjutnya bersihkan sisi-sisi botol dengan menggerakkan sikat dengan gerakan naik turun.

  1. Lanjutkan Membersihkan Bagian Dot

Saat membersihkan bagian dot, orang tua biasanya melewatkan bagian terpenting yaitu bagian dalam dot. Jadi, pastikan Anda membersihkan seluruh bagian dot dengan menggunakan sikat kecil. Pastikan pula bahwa tidak ada sisa susu yang tertinggal. Sisa susu tersebut dapat mendatangkan bakteri.Cara Tepat Membersihkan Botol Susu Bayi

  1. Bersihkan Tutup Botol

Terakhir, bersihkan tutup botol dengan menggunakan spon khusus untuk mencuci botol susu bayi.

  1. Bilas Sampai Bersih

Setelah semua bagian botol susu bayi Anda bersihkan dengan cairan pembersih dan spons khusus, selanjutnya bilaslah dengan air mengalir sampai bersih.

  1. Sterilkan

Satu hal penting dari cara membersihkan botol susu bayi adalah proses pensterilan. Proses ini dilakukan dengan cara mendiamkan setiap bagian botol di dalam panci yang berisi air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Gunakan air bersih untuk direbus seperti air mineral.

  1. Keringkan

Setelah botol steril, segera angkat dan keringkan botol dengan menggunakan handuk bersih atau lap khusus untuk membersihkan botol susu. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang bersih bebas kuman dan bakteri.

Demikianlah cara tepat membersihkan botol susu demi kesehatan dan kenyamanan si kecil kesayangan Anda. Anda juga harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan proses pencucian botol susu bayi. Kesalahan yang biasa para orang tua lakukan adalah tidak menggunakan air mengalir untuk membilas, tidak melakukan pensterilan, tidak menyiapkan lap khusus untuk mengeringkan dan berlama-lama merendam botol dalam panci.

Add Comment