6 Cara Efektif dalam Melatih Anak Berbicara

Tidak ada satu orang tua pun yang tidak ingin anaknya tumbuh cerdas, periang dan pintar dalam berkomunikasi. Namun, tak jarang anak malah mengalami keterlambatan berbicara. Seorang anak akan dikatakan mengalami gangguan bahasa jika di usia 3 tahun, kata-kata yang diucapkannya masih tidak bisa dimengerti atau anak terlihat berusaha keras untuk bisa berbicara dengan jelas.

Keterlambatan berbicara ini memang terkadang disebabkan oleh masalah medis seperti bermasalah pada pendengaran, hambatan perkembangan otak, dan yang lainnya. Namun, sebagian besar penyebab anak terlambat berbicara adalah kurangnya latihan, terlalu pasif, terlalu banyak menonton TV atau diajarkan lebih dari 1 bahasa oleh lingkungannya. Salah satu cara yang harus orang tua tempuh demi menghindari keterlambatan berbicara pada anak adalah dengan melatih anak berbicara. Berikut beberapa cara melatih anak berbicara yang bisa orang tua lakukan.

  1. Rajin Mengajaknya Berkomunikasi

Cara pertama yang harus orang tua atau orang terdekat anak lakukan adalah rajin mengajaknya berbicara. Semakin sering Anda berbicara dengan anak, maka semakin banyak pula perbendaharaan kata yang ia miliki. Sering-seringlah mengajaknya berbicara walaupun ia belum bisa menanggapi apa yang Anda ucapkan. Anak akan mengingat setiap kosakata yang Anda ucapkan dan menggunakannya di lain hari.

  1. Bacakan Cerita Untuknya

Membacakan buku cerita atau dogeng kepada anak bukan hanya sebatas media hiburan baginya, namun sekaligus sebagai pembelajaran yang akan membuatnya pintar dalam berkomunikasi. Pilihlah buku cerita yang bergambar dan ajak anak untuk melihat gambar sembari Anda menceritakan.

  1. Ajak Ia Bernyanyi Bersama atau Perdengarkan Lagu

Cara melatih anak berbicara selanjutnya adalah dengan mengajaknya bernyanyi bersama. Pilihlah lagu anak-anak yang singkat terlebih dahulu dan secara perlahan lantunkan, ajak ia menyanyi dalam suasana yang menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa memperdengarkan lagu anak-anak mealui video CD atau acara TV balita yang edukatif.

  1. Ajari Bersosialisasi

Sebaik apapun orang tua melatih anaknya untuk berbicara, orang tua tetap harus mengajari si anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Anak yang tidak diajarkan bersosialisasi cenderung akan menjadi pemalu jika berhadapan dengan orang lain yang jarang ditemuinya. Jadi, mengajak anak bermain di playground dimana ia bisa berkumpul dengan teman-temannya juga merupakan salah satu cara melatih keterampilan berbicaranya.

6 Cara Efektif dalam Melatih Anak Berbicara

  1. Ajarkan Kata yang Benar

Salah satu kesalahan pengajaran bahasa dari orang tua terletak pada poin kelima ini. Orang tua terkadang menganggap bahwa cadel itu lucu dan mereka bahkan mendukung anak dalam pengucapannya yang salah tersebut. Sebaliknya orang tua seharusnya mengajarkan kata yang benar kepada anak. Jika ia masih salah dalam menyebutkan kata tersebut cobalah untuk memberikan koreksi dengan mengucapkan kata yang benar. Dalam hal ini, orang tua juga harus memperlihatkan gerakan mulutnya agar anak bisa menirunya secara perlahan.

  1. Kurangi Penggunaan Gadget

Zaman memang sudah semakin canggih. Orang tua pun kadang terlalu terburu-buru dalam memperkenalkan gadget kepada anaknya. Padahal penggunaan gadget ini malah bisa membuat anak sulit dalam berkomunikasi. Tenang saja, gadget merupakan hal yang mudah untuk dipahami. Kelak akan ada waktu yang pas untuk memperkenalkan gadget padanya.

Demikianlah beberapa cara melatih anak berbicara agar ia terhindari dari keterlambatan berbicara dan gangguan bahasa lainnya. Banyak-banyaklah meluangkan waktu untuk buah hati Anda karena sekali lagi, sebagian besar perkembangannya bergantung di tangan Anda.

Add Comment